logo logo

Media Online Mengabarkan, Berimbang, Akurat dan Terpercaya

CITRA NUSA MEDIA

Holding Foundation - Jalan Jend. Ir. Soeharto Km 20 Desa Batu Raden, Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu

Call: +62 812-7196-1028

Call: +62 853-5705-3257

redaksi@citranusamedia.com
BERITA 10-05-2022 16:24:20

Menag Yaqut Difitnah Lagi terkait Dana Haji, Hoax yang Beredar Dana Haji Untuk Pembangunan IKN

Muncul Fitnah yang menyebut Menag Yaqut Cholil Qoumas meminta umat mengikhlaskan dana haji karena mau dipakai membiayai pembangunan Ibu Kota Negara

Image
Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas

Belakangan ini, santer terdengan rumor bahwa Menag Yaqut Cholil Qoumas telah mengeluarkan statemen terkait penggunaan dana haji dengan kalimat hoax meminta umat untuk mengikhlaskan dana hajinya untuk membangun Ibu Kota Negara.

Fitnah yang ditujukan kepada Gus Yaqut oleh oknum yang tak bertanggung jawab ini ditanggapi serius oleh Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi (HDI) Kemenag Ahmad Fauzin.

Fauzin menilai bahwa narasi terkait penggunaan dana haji untuk membangun IKN ini fitnah dan sangat menyesatkan umat.

"Narasi Menag minta dana haji untuk IKN itu hoaks," kata dia dalam keterangan persnya, Minggu (8/5).

Fauzin menuturkan bahwa Menag tidak pernah mengeluarkan pernyataan tentang penggunaan dana haji di luar keperluan penyelenggaraan ibadah yang menjadi rukun kelima Islam itu.

Perlu untuk diketahui bersama bahwa sejak 2018 Kemenag sudah bukan instansi negara yang bertanggung jawab langsung mengelola dana haji.

"Sejak 2018, Kementerian Agama tidak lagi menjadi pihak yang bertanggung jawab dalam tata kelola dana haji," ungkap Fauzin.

Fauzin menambahkan akan membuka opsi ke jalur hukum dalam menyikapi informasi yang menyebut Menag Yaqut meminta umat mengikhlaskan dana haji untuk IKN Nusantara.

"Bagi pihak-pihak yang menyebarkan berita hoaks dan fitnah ini kami akan pertimbangkan mengambil langkah hukum," kata Fauzin.

Jadi sangat jelas bahwa berita yang beredar tentang statement Menag terkait dana haji adalah HOAX dan Fitnah yang menyesatkan Umat.

Baca Juga
Editor: wtk

Dapatkan update informasi pilihan dan berita terbaru setiap hari dari Citranusamedia.com, Mari bergabung di Grup Telegram "CNM MEDIA", caranya klik link ini: GABUNG SEKARANG, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : JPNN