logo logo

Media Online Mengabarkan, Berimbang, Akurat dan Terpercaya

CITRA NUSA MEDIA

Holding Foundation - Jalan Jend. Ir. Soeharto Km 20 Desa Batu Raden, Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu

Call: +62 812-7196-1028

Call: +62 853-5705-3257

redaksi@citranusamedia.com
BERITA 25-05-2022 23:58:47

Luhut akan Audit Seluruh Perusahaan Sawit, Belum Pernah Sepanjang Sejarah

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, akan mengaudit seluruh perusahaan sawit di Indonesia mulai Juni 2022.

Image
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan

Dikabarkan dalam waktu dekat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan akan melakukan Audit terhadap seluruh perusahaan sawit dan hal ini beru pertama kalinya dilakukan di Indonesia.

Langkah ini dilakukan untuk menyelesaikan persoalan kelangkaan minyak goreng di pasaran, Ia menyebut audit yang ditargetkan ke seluruh perusahaan sawit ini menjadi yang pertama pemerintah lakukan dalam sejarah bangsa.

"Kita Insya Allah akan beres, karena supply hari ini sudah cukup dan harga sekarang sudah mulai turun, distribusi, pengawasan juga sudah jalan."

Audit yang dilakukan nantinya meliputi pengecekan luas lahan perkebunan sawit, surat izin usaha, Hak Guna Usaha (HGU), dan Hak Pengelolaan Lahan (HPL) hingga hasil produksinya.

"Nanti kita audit semua perusahaan kelapa sawit, yang belum pernah sepanjang sejarah, kita lakukan. Segera, awal Juni," kata Luhut kepada awak media, dikutip dari kanal YouTube tvOneNews, Rabu (25/5/2022).

Dalam hal ini, Luhut juga melarang perusahaan sawit berkantor di luar negeri, guna mengoptimalkan penerimaan negara melalui pajak.

"Luasnya berapa, HGU, HPL, lalu statusnya apakah sudah jelas, kemudian punya plasma tidak? dan produksinya."

"Tidak boleh ada headquarters kelapa sawit yang di luar wilayah Republik Indonesia. Harus di Indonesia supaya pajaknya," katanya.

Perlu diketahui bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan tugas baru kepada Menko Luhut, Tugas terbaru tersebut adalah untuk membantu mengurus kelangkaan minyak goreng di dalam negeri.

Menanggapi hal tersebut Luhut mengaku yakin akan bisa menyelesaikan tugas barunya itu. Terlebih kondisi suplai minyak goreng di Indonesia kini sudah lebih dari cukup.

"Saya hanya bantu saja, sekarang saya kira insya Allah akan beres tuh minyak goreng, yang penting kan selesai," kata Luhut, Rabu (25/5/2022).

Luhut mengatakan nantinya proses distribusi atau penyaluran minyak goreng ini akan diawasi oleh Satgas Pangan.

Lebih lanjut, Luhut menuturkan, penunjukan dirinya ini merupakan salah satu solusi untuk menyelesaikan masalah minyak goreng.

Namun, jika ada pihak lain yang merasa bisa lebih baik, Luhut pun mempersilakan untuk mengurus persoalan minyak goreng ini.

"Ini solusi, kalau ada yang mau lebih baik silakan saja. Saya hanya melaksanakan perintah saja."

"Saya hanya membantu saja, kerja kita semua sama, kerja keras. Tadi Menteri Perdagangan juga sama," tutur Luhut.

Baca Juga
Penulis: Milani Resti Dilanggi
Editor: wtk

Dapatkan update informasi pilihan dan berita terbaru setiap hari dari Citranusamedia.com, Mari bergabung di Grup Telegram "CNM MEDIA", caranya klik link ini: GABUNG SEKARANG, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : Tribunnews