logo logo

Media Online Mengabarkan, Berimbang, Akurat dan Terpercaya

CITRA NUSA MEDIA

Holding Foundation - Jalan Jend. Ir. Soeharto Km 20 Desa Batu Raden, Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu

Call: +62 812-7196-1028

Call: +62 853-5705-3257

redaksi@citranusamedia.com
EKONOMI 19-02-2023 14:17:30

Jokowi Sidak Pasar Wonokromo, Cek Harga agar Inflasi Terkendali

Menurut Jokowi, operasi pasar yang telah dilakukan Perum Bulog sudah mulai menunjukkan dampak terhadap harga beras.

Image
Presiden Jokowi saat melakukan sidak di Pasar Wonokromo, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Sabtu (18/2/2023). (Dok. BPMI Setpres/Muchlis Jr)

Setara.Today - Presiden Jokowi mengatakan harga Minyakita saat ini sudah berada di level Rp14.000 per liter di sejumlah pasar.

Penegasan itu disampaikan Presiden Jokowi saat mengunjungi Pasar Wonokromo, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Sabtu 18 Februari 2023.

Minyakita, saya lihat stok ada. Meskipun tidak melimpah, tapi stok ada di harga Rp14.000,” kata Jokowi dilansir dari Youtube Setpres, Minggu 19 Februari 2023.

Jokowi mengharapkan pasokan harga pangan di daerah dapat terus dipertahankan, sehingga inflasi baik di daerah maupun nasional secara keseluruhan dapat dikendalikan dengan baik.

“Harga telur saya lihat turun, meski cuma Rp1.000. Bawang merah pun turun,” ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, operasi pasar yang telah dilakukan Perum Bulog sudah mulai menunjukkan dampak terhadap harga beras.

Menurut pantauan Presiden, harga beras di pasaran sudah cukup baik dengan kisaran Rp9.000 per kilogram.

“Saya ingin mengecek barang yang sangat penting yang namanya beras. Apakah operasi dari Bulog sudah sampai ke warung, ke pasar-pasar, saya lihat sudah dan harganya baik, tadi Rp44.000 untuk 5 kg. Artinya, harga di bawah Rp9.000. Tadi kita lihat semua warung ada semuanya dan melimpah di sini,” ujar Presiden.

Jokowi memperkirakan, harga beras makin stabil seiring panen raya pada akhir bulan Februari dan awal Maret di sejumlah daerah. Dia menyebut luas panen pada bulan tersebut akan mencapai 1,9 juta hektare.

“Mungkin secara nasional di Februari mungkin 1 jutaan hektare, mungkin nanti di bulan Maret 1,9-an juta hektare. Kira-kira itu, sehingga kalau produksi dari petani, dari panen ada artinya stok melimpah. Kalau stok melimpah permintaan tetap, artinya harga akan secara otomatis akan turun,” kata Jokowi.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan (Kemendag) masih menemukan Minyakita dijual di atas harga eceran tertinggi (HET) di beberapa daerah.

Hal tersebut terungkap saat Wamendag, Jerry Sambuaga, melakukan operasi pasar di Pasar Segiri, Samarinda, Kalimantan Timur, Sabtu 18 Februari 2023.***

Baca Juga
Editor: YOVIE

Dapatkan update informasi pilihan dan berita terbaru setiap hari dari Citranusamedia.com, Mari bergabung di Grup Telegram "CNM MEDIA", caranya klik link ini: GABUNG SEKARANG, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.