logo logo

Media Online Mengabarkan, Berimbang, Akurat dan Terpercaya

CITRA NUSA MEDIA

Holding Foundation - Jalan Jend. Ir. Soeharto Km 20 Desa Batu Raden, Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu

Call: +62 812-7196-1028

Call: +62 853-5705-3257

redaksi@citranusamedia.com
News 20-08-2023 07:12:55

Ini yang Harus Dilakukan Saat Terjebak Api, Belajar dari Kebakaran Hotel Melawai

Hotel F2 di Jalan Panglima Polim V di Kelurahan Melawai, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan terbakar. Diketahui tiga orang tewas dalam

Image
Hotel F2 di Jalan Panglima Polim V di Kelurahan Melawai, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan terbakar. Diketahui tiga orang tewas dalam peristiwa itu.

GOAL ACHIEVED - Hotel F2 di Jalan Panglima Polim V di Kelurahan Melawai, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan terbakar. Diketahui tiga orang tewas dalam peristiwa itu. Ketiga korban dikatakan terjebak di sebuah ruangan tanpa ventilasi. Menurut Kapolsek Kebayoran Baru Kompol Tribuana Roseno, korban meninggal karena sesak napas.

Berkaca dari pengalaman tersebut, ada beberapa hal yang harus dipahami setiap individu sebelum tinggal di asrama, termasuk jika terjadi keadaan darurat seperti kebakaran. Tidak ada apa-apa? Berikut ringkasannya:

1. Pakailah yang berlapis-lapis

Hal pertama yang harus dilakukan saat terjadi kebakaran rumah adalah tetap tenang dan tidak panik. Memang, kepanikan bisa membuat Anda tidak berpikir dan mencari jalan keluar.

Jika api masih tergolong kecil dan masih ada cukup waktu untuk menyelamatkan diri, segera kenakan pakaian berlapis untuk melindungi diri dari panas dan api.

2. Jangan menggunakan lift

Hindari menggunakan lift untuk menyelamatkan diri. Anda harus menggunakan pintu keluar yang paling dekat dengan ruangan. Berkaitan dengan hal tersebut, penting bagi Anda untuk selalu mengetahui di mana letak pintu keluar terdekat untuk memudahkan proses evakuasi jika terjadi bencana.

3. Laporkan hotspot secara instan

Jika Anda menemukan kebakaran di asrama atau di lingkungan terdekat, segera hubungi manajemen hotel dan tunjukkan titik apinya. Atau, segera hubungi pemadam kebakaran di 113.

4. Hindari benda yang mudah terbakar

Jika api masih tergolong kecil dan masih cukup waktu untuk menyelamatkan diri, segera hindari benda-benda yang mudah terbakar, seperti gorden, plastik, kertas, sampah kering, dan barang pecah belah.

Jika sumber api ada di dalam ruangan, segera celupkan kain atau handuk ke dalam air dingin dan segera tutupi atau tutupi sumber api. Sebelum melakukan hal tersebut, pastikan arah angin agar tubuh tidak terkena kobaran api saat mendekati sumber api.

5. Hindari benda yang mudah terbakar

Jika api masih tergolong kecil dan masih cukup waktu untuk menyelamatkan diri, segera hindari benda-benda yang mudah terbakar, seperti gorden, plastik, kertas, sampah kering, dan barang pecah belah.

Jika sumber api ada di dalam ruangan, segera celupkan kain atau handuk ke dalam air dingin dan segera tutupi atau tutupi sumber api. Sebelum melakukan hal tersebut, pastikan arah angin agar tubuh tidak terkena kobaran api saat mendekati sumber api.***

Baca Juga
Penulis: Wike Hema Sugiarti
Editor: Muhammad Angga Abdulah

Dapatkan update informasi pilihan dan berita terbaru setiap hari dari Citranusamedia.com, Mari bergabung di Grup Telegram "CNM MEDIA", caranya klik link ini: GABUNG SEKARANG, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.