logo logo

Media Online Mengabarkan, Berimbang, Akurat dan Terpercaya

CITRA NUSA MEDIA

Holding Foundation - Jalan Jend. Ir. Soeharto Km 20 Desa Batu Raden, Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu

Call: +62 812-7196-1028

Call: +62 853-5705-3257

redaksi@citranusamedia.com
BERITA 06-10-2024 02:13:01

Tidak Mencalonkan Diri, Kok Bisa Jadi Ketua?

Sidang Pleno Pemilihan Ketua yang dipimpin pengurus PC GP Ansor Kabupaten Lamsel Hamdani, S.H.I, Idris ditetapkan sebagai PAC GP Ansor Tanjung Bintang

Image
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Tanjung Bintang resmi menggelar Konferensi Anak Cabang (Konferancab) III

Lamsel – Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Tanjung Bintang resmi menggelar Konferensi Anak Cabang (Konferancab) III di Aulia gedung MWC NU Tanjung Bintang yang berlokasi di Dusun No.4B, Serdang, Tanjung Bintang, Lampung Selatan, Lampung 35361, Sabtu (5/10/2024).

Rangkaian acara dimulai dengan pembukaan Konferancab dan rangkaian persidangan.

Ketua PC GP Ansor Kabupaten Lampung Selatan, Arif Rahman Hakim, M.Pd, membuka acara konferancab sekaligus menuturkan bahwa Konferancab merupakan amanat dari konstitusi GP Ansor yang wajib dilakukan. Konferancab adalah tanda berjalannya kaderisasi di tubuh GP Ansor.

“Konferancab ini menjadi landasan penting untuk kita bersama-sama dalam upaya membangun Ansor Tanjung Bintang yang lebih produktif sesuai dengan peraturan organisasi GP Ansor. Keberlangsungan organisasi tidak mungkin terjadi tanpa adanya dorongan dan semangat dari para kader. Kader-kader Ansor Banser selain berkhidmat di Nahdlatul Ulama juga harus aktif bermasyarakat.” katanya.

Setelah Konferancab resmi dibuka sekira pukul 21.30 WIB, kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan sidang pembahasan tentang mekanisme pemilihan Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Tanjung Bintang.

Konferancab yang diikuti oleh 7 utusan ranting se-Kecamatan Tanjung Bintang dilaksanakan dengan 5 agenda sidang, yakni sidang rancangan tata tertib, sidang komisi, sidang pleno gabungan, sidang penyampaian Laporan Pertanggungjawaban (LPJ), dan sidang pemilihan ketua PAC. Setiap sidang berlangsung dengan mengedepankan musyawarah mufakat dan membuka berbagai usulan atau masukan dari peserta.

Terdapat dua calon dalam kontestasi di Konferancab GP Ansor Tanjung Bintang tersebut, yaitu sahabat Dimas Aklianto, S.Sos, dan sahabat Erpandi, S.Ag, Perlu diketahui, Konferancab merupakan kegiatan tiga tahun sekali dalam satu periode kepengurusan di lingkungan GP Ansor tingkat kecamatan yang berisi kegiatan penyampaian Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) pengurus PAC GP Ansor Tanjung Bintang masa khidmat 2021-2024 dan pemilihan Ketua PAC GP Ansor Tanjung Bintang masa khidmat 2024-2027 mendatang.

Namun, yang terpilih menjadi ketua PAC GP Ansor Tanjung Bintang ialah sahabat Idris Afandi,S.Fil.I masa khidmat 2024-2027.

Pada Sidang Pleno Pemilihan Ketua yang dipimpin pengurus PC GP Ansor Kabupaten Lampung Selatan Hamdani, S.H.I, Idris ditetapkan sebagai Ketua PAC GP Ansor Tanjung Bintang yang baru setelah berhasil meraih suara terbanyak 4 suara mengungguli kandidat yang mencalonkan diri. Erpandi yang memperoleh 1 suara dan Dimas 1 suara dari total 7 suara Pimpinan Ranting. Sementara 1 suara dinyatakan tidak sah.

Setelah pemungutan suara tersebut terdapat suara atas nama sahabat Idris yang sebelumnya tidak mencalonkan diri. Namun, 4 pemimpin ranting menulis nama beliau. Lalu setelah diperiksa ternyata sahabat Idris memenuhi kelayakan syarat menjadi ketua PAC GP Ansor Tanjung Bintang.

Idris Afandi, S.Fil.I mengatakan bahwa berkhidmat tidak perlu menjadi ketua ketika diminta visi misi oleh pimpinan sidang.

“Saya beranggapan bahwa berkhidmat tidak perlu menjadi ketua. Namun, karena sahabat telah mempercayakan amanah ini kepada saya maka visi misi yang secara dadakan ini ialah Ansor Banser Tanjung Bintang lebih solid kedepannya dan menjaga persatuan seperti sapu lidi.” Katanya.

“Dengan memperhatikan tata tertib Konferancab dan memperhitungkan surat rekomendasi masing-masing ranting, maka Konferensi Anak Cabang III Kecamatan Tanjung Bintang menetapkan Sahabat Idris Afandi sebagai Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Tanjung Bintang terpilih masa khidmat 2024-2027,” ucap Hamdani menutup sidang pleno.

Penulis: Heni Nuraini,S.M

Baca Juga
Penulis: Heni Nuraini,S.M
Editor: EYB119

Dapatkan update informasi pilihan dan berita terbaru setiap hari dari Citranusamedia.com, Mari bergabung di Grup Telegram "CNM MEDIA", caranya klik link ini: GABUNG SEKARANG, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.