logo logo

Media Online Mengabarkan, Berimbang, Akurat dan Terpercaya

CITRA NUSA MEDIA

Holding Foundation - Jalan Jend. Ir. Soeharto Km 20 Desa Batu Raden, Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu

Call: +62 812-7196-1028

Call: +62 853-5705-3257

redaksi@citranusamedia.com
BERITA 13-05-2022 14:03:40

Seluruh Sekolah Di Sumsel Wajib Kenalkan Olahraga Tradisional

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mewajibkan sekolah di semua jenjang pendidikan memperkenalkan olahraga tradisional

Image
Riza Fahlevi - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Riza Fahlevi di Palembang, Jumat, menjelaskan bahwa olahraga tradisional yang dimaksud merupakan ragam permainan yang mengandung unsur olah fisik asli masyarakat setempat ataupun mengadopsi dari daerah lain.

Contoh ragam permainan yang dikategorikan dalam olahraga tradisional itu di antaranya Lompat Batu, Cak Engkeleng, Benteng-bentengan, Dayung Perahu Bidar ataupun Beladiri.

Dinas Pendidikan akan mendesain terlebih dahulu permainan-permainan tersebut sebelum diajarkan guru-guru olahraga kepada para murid sehingga dapat memenuhi unsur edukasinya.

“Seluruh sekolah sampai ke tingkat desa harus menggalakkan olahraga tradisional, supaya permainan itu tidak punah didesain condong ke muatan edukasi, bahkan diwajibkan menjadi ekstrakurikuler atau minimal digelar saat 'class meeting' setiap akhir semester,” ucap Riza.

Menurut Riza, Pemerintah berharap selain mendapatkan pengetahuan melalui pengenalan olahraga tradisional di sekolah, siswa-siswi juga bisa berpartisipasi dalam ajang Fornas VI (Festival Olahraga Rekreasi Nasional) yang akan digelar di Sumsel pada Juli 2022.

“Sangat diharapkan keterlibatan siswa-siswa kita di ajang Fornas VI nanti, khususnya sebagai peserta, atau juga bisa menjadi volunteer mengingat tahun ini kita adalah tuan rumahnya,” kata dia.

Baca Juga
Editor: wtk

Dapatkan update informasi pilihan dan berita terbaru setiap hari dari Citranusamedia.com, Mari bergabung di Grup Telegram "CNM MEDIA", caranya klik link ini: GABUNG SEKARANG, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber : Antara