logo logo

Media Online Mengabarkan, Berimbang, Akurat dan Terpercaya

CITRA NUSA MEDIA

Holding Foundation - Jalan Jend. Ir. Soeharto Km 20 Desa Batu Raden, Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu

Call: +62 812-7196-1028

Call: +62 853-5705-3257

redaksi@citranusamedia.com
BERITA 25-05-2023 07:12:55

Siswi SMAN Sumsel Asal OKI Juara I UPSTRACT 5.0 Tingkat Asia Tenggara

Dalam acara ini adapun yang diperlombakan yakni Tiga kompetisi yaitu Kompetisi Fotografi, Teknologi Lingkungan Inovatif (INVIROLOGI) dan Kompetisi Vid

Image
Siswi SMAN Sumsel Asal OKI Juara I UPSTRACT 5.0 Tingkat Asia Tenggara

Redaksi pos42news

OKI SUMSEL- Kamis (25-05-2023) MR

Dzakiyah Khairunnisa, siswi SMAN Sumatera Selatan asal Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan memenangi Kompetisi UPSTRACT 5.0 tahun 2023 tingkat Asia Tenggara.

UPSTRACT merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Pertamina.

Dalam acara ini adapun yang diperlombakan yakni Tiga kompetisi yaitu Kompetisi Fotografi, Teknologi Lingkungan Inovatif (INVIROLOGI) dan Kompetisi Videografi.

Kompetisi ini ditujukan untuk pelajar SMA dan mahasiswa S1 atau D3 se-Asia Tenggara.

Dzakiyah Khairunnisa, menjelaskan "dalam mengikuti kompetisi tersebut dirinya dan timnya bersyukur mendapatkan juara I dari kategori Kompetisi Teknologi Lingkungan Inovatif,

Dijelaskannya, adapun inovasi yang ia pertandikan yakni diberi nama WEBE (IoT Based pH Water Communicator Using Telegram) to Encourage Society Controlling Raw Water Supply, yakni alat pengukur derajat keasaman air.

Jadi, alat tersebut akan mengukur derajat keasaman air, sehingga diketahui apakah air yang ada di lingkungan layak atau tidak di konsumsi, lalu informasi tersebut akan dikomunikasikan ke telegram, sehingga mudah diakses oleh masyarakat." ucapnya

Ditambahkannya lagi, jadi dirinya berharap dengan adanya alat tersebut dapat mempermudah masyarakat untuk mengetahui kualitas sediaan air baku yang ada di sekitar untuk mengurangi peluang krisis air baku.

Putri pasangan Wakiman Djumadi (Alm), dengan Srie Kencana Watie, S.Pd yang berdomisili di komplek DPRD OKI-Kayu Agung ini.

Menjelaskan dirinya mewakili SMAN I Sumatera Selatan, yang kala itu mendaftarkan tiga tim dan akhirnya timnya yang lolos yakni dirinya dengan Miftahur Rizki.

“Ya untuk satu tim kami berdua, alhamdulillah berhasil meraih juara I untuk Asia Tenggara,” jelasnya.

Masih kata dia, setelah diikut sertakan dalam kompetisi tersebut dengan raihan juara satu, kini timnya berharap ada instansi yang ingin mengembangkan alat yang diberinama WEBE to Encourage Society Controlling Raw Water Supply, sehingga dapat diproduksi secara massal dan difungsikan semua masyarakat.

Baca Juga
Penulis: Alex / adi
Editor: Pahrul

Dapatkan update informasi pilihan dan berita terbaru setiap hari dari Citranusamedia.com, Mari bergabung di Grup Telegram "CNM MEDIA", caranya klik link ini: GABUNG SEKARANG, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.