logo logo

Media Online Mengabarkan, Berimbang, Akurat dan Terpercaya

CITRA NUSA MEDIA

Holding Foundation - Jalan Jend. Ir. Soeharto Km 20 Desa Batu Raden, Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu

Call: +62 812-7196-1028

Call: +62 853-5705-3257

redaksi@citranusamedia.com
BERITA 27-12-2022 06:58:16

Kunker Komisi I DPRD Sumsel Ke Muara Enim Bahas Masalah DOB Gelumbang

Komisi I berharap awal tahun bisa langsung bertemu langsung dengan Kemendagri membahas DOB Gelumbang

Image
Komisi I berharap awal tahun bisa langsung bertemu langsung dengan Kemendagri membahas DOB Gelumbang

/// Komisi I berharap awal tahun bisa langsung bertemu langsung dengan Kemendagri membahas DOB Gelumbang

Muara Enim - Kunjungan kerja Komisi I DPRD Provinsi Sumsel ke Bumi Serasan dalam rangka pendalaman informasi terkait daerah otonomi baru (DOB) Kabupaten Gelumbang. Selasa, (27/12/2022).

Acara tersebut dihadiri oleh ketua Komisi I DPRD Sumsel Antoni Yuzar, SH, MH. kepala otomomi daerah Sumsel, pembina DOB sekaligus calon Bupati 2023/2028 H. Hanan, PJ. Bupati Muara Enim, ketua Pengadilan Negeri Muara Enim, Kapolres serta Dandim yang diwakili Kasdim, OPD, Para camat, forum kades dan tamu undangan lainnya.

PJ. Bupati Muara Enim Kurniawan dalam paparanya mengatakan, pembentukan DOB diliputi beberapa syarat, kemudian adminitrasi dari Desa, Kabupaten, Provinsi dan pusat. Guna pemekaran ini untuk percepatan pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih baik. Serta kedepan dirinya sebagai pemerintah Muara Enim berharap Kabupaten Gelumbang menjadi Kabupaten yang besar dengan cepat.

"karena semuanya telah siap dari hal kecil sampai ke sistem pemerintahan," ujarnya.

Ditambahan juga oleh Ketua komisi I DPRD Sumsel Antoni Yuzar dalam sambutannya mengatakan, tujuan hari ini mohon informasi sampai mana perkembangan DOB Kabupaten Gelumbang, dirinya bersama rekan Komisi I bersama dengan para pembinan calon Kabupaten Gelumbang akan ke Kementrian dalam negeri terkait DOB ini. Terima kasih kepaa PJ Bupati Muara Enim yang tekah memaparkan informasi terkait sampai sejauh mana perkembang DOB Gelumbang dan telah memenuhi harapan termasuk dalam pembahasan para komisi I DPRD Provinsi.

"Apa yang diamanahankan oleh regulasi dan undang undang telah dilengkapi. Penyedian dana terkait DOB Gelumbang akan dibantu pihak provinsi Sumsel. Kami akan bahas bersama dengan BPKAD dengan para pembina terkait jumlah anggaran yang akan dibantukan ke Kabupaten Gelumbang , karena pemekaran ini sudah sangat penting lantaran Kabupaten ini sangat luas artinya penting untuk melakuka pemekaran in," tambahnya.

Sementara itu, H. Hanan, pembinan DOB Gelumbang sekaligus calon Bupati Gelumbang 2023/2028 dalam sambutannya mengatakan, baik persyaran fisik maupun adminitrasi telah rampung, memang terkendala di muratorium, melihat peta memang perlu mekar calon Kabupaten Gelumbang. Mengapa Irian Jaya serta Papua bisa pemekaran Kabupaten kenapa sumsel tidak bisa, minimal satu atau dua (2) Kabupaten di Sumsel bisa mekar.

Dirinya sebagai perwakilan DOB Gelumbang mohon difasilitasi oleh pihak pemrintah Muara dan Provinsi agar dapat dipertemukan dengan para petinggi dipusat.

"Kalu memang memungkinan, kami mintak surat kepada Bupati juga untuk menyampaikan surat ke kemendagri, awal awal tahun baru ini bisa berangkat. Dukungan secepatnya bertemu dengan Kemendagri supaya moratorium bisa dibuka karena sampai saat ini belum dibuka," pintanya.

Kemudian, Firdaus yang juga anggota DPRD Provinsi Sumsel dari Davil III mengatakan, mendukung sepenuhnya DOB Gelumbang karena hal tersebut memang layak dimekarkan karena wilayah Muara Enim sangat luas.

"Yang pasti untuk percepatan pembagunan dan pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih baik,"katanya.

Baca Juga
Penulis: Dedy
Editor: Hairinsyah

Dapatkan update informasi pilihan dan berita terbaru setiap hari dari Citranusamedia.com, Mari bergabung di Grup Telegram "CNM MEDIA", caranya klik link ini: GABUNG SEKARANG, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.