logo logo

Media Online Mengabarkan, Berimbang, Akurat dan Terpercaya

CITRA NUSA MEDIA

Holding Foundation - Jalan Jend. Ir. Soeharto Km 20 Desa Batu Raden, Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu

Call: +62 812-7196-1028

Call: +62 853-5705-3257

redaksi@citranusamedia.com
BERITA 08-09-2022 14:56:13

Dana Operasional Macet 99 Persen Kepala Desa Menggelu, Kecewa Banyuasin Menduda

Dana operasional Kades dan BPD ini dari bulan Januari hingga September 2022 ini belum cair, sedang urusan didesa ini tak hanya muter didesa saja,

Image
Dana Operasional Macet 99 Persen Kepala Desa MengeluK,Kecewa Banyuasin Menduda

Banyuasin, pos42news//Sebanyak 288 Kepala Desa (Kades) yang di Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan 99 persen mengeluh, Pasalnya, dana operasional Kades dan BPD dari bulan Januari s.d September 2022 belum dapat dicairkan, sementara kegiatan didesanya terus meningkat ditambah Pemerintah pusat menaikan harga BBM, ucap salah seorang perangkat Desa saat berbincang dengan wartawan media (8/9/2022).

Sebut saja inisial Ai, Stap keuangan di Kantor Desa mengatakan, kami ini jadi bingung pak kegiatan didesa banyak tapi tak ada biaya lagi, bila dana operasional Kades dicairkan tidaklah susah aktivitas perangkat termasuk pak Kades kami.

Dana operasional Kades dan BPD ini dari bulan Januari hingga September 2022 ini belum cair, sedang urusan didesa ini tak hanya muter didesa saja, kadang harus buat laporan kekantor kecamatan juga harus di Kabupaten dan aktivitas itu kan harus pakai dana, apa kita berjalan kaki, mati pak sudah honor kami perangkat aja juga mogok.

Wajar lanjut Ai, kalau ada 5 perangkat Desa di wilayah tetangga serempak pada mundur diri, mungkin mereka itu ada giat lain dan tidak tahan kerja tertekan sebagai aparat Desa, ungkapnya pasrah.

Kepala Desa sebut inisial ARB berkata, ini sedang tidak bernasib baru menjadi kepala Desa, masanya dilanda krisis, jadi apa yang bisa dikerjakan didesanya guna memberikan pelayanan masyarakat bisa nyaman.

Entah apa sebabnya dana operasional Kades dan BPD tahun ini bisa mogok juga termasuk honor perangkatnya tahun 2022 ini baru sampai bulan Mei kalau tidak salah ingat dan dana operasional itulah memang dari bulan Januari s.d. September tahun ini blas Lum ada dicairkan sama sekali, jelasnya.

Andaikata dana operasional Kades dan BPD itu cair, mungkin kesulitan aktivitas kami sebagai kepala Desa atau rekan-rekan dari BPD pun tetap semangat kerja sesuai poksinya, karena honor dan dana operasional masih Senen-Kemis metunya dan entah kapan dicairkanya, kami kerja semampunya apa yang bisa saja, ucap Dia sembari berharap baik kepada bapak Bupati dan anggota DPRD Banyuasin bisaencarikan solusi secepatnya supaya program bapak Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin bisa terwujud bukan sekedar omongan saja di tambah lagi kegaduhan polemik orang nomor satu di kabupaten Banyuasin entah apa nasip kami sebagai rakyat, ungkap nya dengan kecewa

Kadis DPMD Pemkab Banyuasin Rayan Nurdinsa kepada wartawan media ini membenarkan untuk Dana operasional Kades dan BPD belum cair dan kemarin sudah sampaikan dengan pihak berwenang, namun saat ini dana itu sudah dalam proses.

Insya Allah dalam waktu dekat ini dana itu akan dicairkan 60 persen dan untuk 40 persenya pada tahap berikutnya dan tahun 2022 bisa di cair kan semua. Untuk kepada kades dan BPD harap bersabar pasti cair, tutupnya.(red)

Baca Juga
Penulis: Alex
Editor: Pahrul

Dapatkan update informasi pilihan dan berita terbaru setiap hari dari Citranusamedia.com, Mari bergabung di Grup Telegram "CNM MEDIA", caranya klik link ini: GABUNG SEKARANG, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.