logo logo

Media Online Mengabarkan, Berimbang, Akurat dan Terpercaya

CITRA NUSA MEDIA

Holding Foundation - Jalan Jend. Ir. Soeharto Km 20 Desa Batu Raden, Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu

Call: +62 812-7196-1028

Call: +62 853-5705-3257

redaksi@citranusamedia.com
BERITA 01-06-2022 15:10:50

BMKG : 2 Juni 2022 Sejumlah Wilayah Termasuk Sumsel Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

19 Wilayah berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dan 7 wilayah lainnya, diprediksi berpotensi hujan, kilat

Image
Ilustrasi Cuaca Ekstrem - BMKG merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk besok, 2 Juni 2022. Terdapat 19 wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

MARIMBA EXPOSE - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyambaikan bahwa besok akan terjadi cuaca ekstrem di beberapa wilayah, seperti dikutip dari web.meteo.bmkg.go.id, 19 wilayah akan berpotensi hujan lebat disertai kilat atau petir serta angin kencang, Sedangkan 7 wilayah lainnya, diprediksi berpotensi hujan, kilat atau petir, dan angin kencang.

Sirkulasi siklonik terpantau di perairan sebelah barat daya Sumatera dan di Selat Makassar, kondisi inilah yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang dari Teluk Tomini hingga Teluk Bone.

Daerah konvergensi lainnya memanjang di Sumatera Utara bagian utara, di Bengkulu, di Jawa Barat, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Utara, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, di NTT bag timur, di Maluku dan dari Papua hingga Papua Barat serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di Laut Jawa, di Kalimantan bagian utara dan timur, di Sulawesi bagian selatan dan di Laut Flores.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

19 Wilayah berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang: Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat dan Maluku

Sedangkan 7 Wilayah berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah:

- Jambi

- DKI Jakarta

- Bali

- Nusa Tenggara Barat

- Nusa Tenggara Timur

- Kalimantan Selatan

- Sulawesi Selatan

Deputi Bidang Meteorologi BMKG menyampaikan pembaruan informasi peringatan dini pada Rabu (1/6/2022).

Baca Juga
Penulis: Budi Setiawan
Editor: BST

Dapatkan update informasi pilihan dan berita terbaru setiap hari dari Citranusamedia.com, Mari bergabung di Grup Telegram "CNM MEDIA", caranya klik link ini: GABUNG SEKARANG, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.