logo logo

Media Online Mengabarkan, Berimbang, Akurat dan Terpercaya

CITRA NUSA MEDIA

Holding Foundation - Jalan Jend. Ir. Soeharto Km 20 Desa Batu Raden, Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu

Call: +62 812-7196-1028

Call: +62 853-5705-3257

redaksi@citranusamedia.com
BERITA 11-07-2023 16:25:44

Tanggap Bencana..!! Pemerintah OKU Selatan Gerak Cepat, Gelar Rakor Atasi Fenomena Banjir dan Tanah Longsor

Mari kita, sama-sama bersinergi dan berkomitment mencari langkah-langkah dalam melakukan penanggulangan bencana yang sering terjadi di OKU Selatan

Image
Rapat dipimpin langsung, Sekretaris Daerah kabupaten OKU Selatan, M Rahmattullah, S.S.TP, M.M,

OKU Selatan, kuntasnews--Pristiwa alam sering kali terjadi melanda kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan. Seperti baru-baru ini, terjadi musibah banjir bandang yang menelan korban jiwa, dengan menghanyutkan rumah warga. Tak sedikit, rumah warga yang tergenang air.

Menyikapi, fenomena alam yang kerap kali terjadi ini. Pemerintah kabupaten OKU Selatan, bergerak cepat lakukan rapat koordinasi bersama mencari solusi atasi penyebab sering terjadinya musibah yang melanda. Rapat dipimpin langsung, Sekretaris Daerah kabupaten OKU Selatan, M Rahmattullah, S.S.TP, M.M, berlansung diruang rapat terbatas. Selasa (11/07/2023).

Dalam arahanya, M.Rahmattullah menyampaikan, adapun tujuan dan maksud dari pertemuan ini, guna untuk mengkaji dan mencari faktor-faktor penyebab fenomena alam yang sering terjadi. Seperti banjir bandang, dan tanah longsor melanda di kabupaten OKU Selatan.

Terkhusus, pada Dua kecamatan yaitu kecamatan Kisam Tinggi, dan kecamatan Muaradua Kisam yang sering mengalami bencana banjir. Serta mengkaji permasalahan banjir dan tanah longsor di wilayah lainnya yang sering terjadi bencana alam.

Dalam rapat bersama, disikapi bencana banjir yang disebabkan oleh kegiatan manusia, sehingga menyebabkan perubahan tata ruang, pada saat cuaca hujan tinggi bisa menimbulkan Degradasi lingkungan

" Untuk itu, membangun kesadaran masyarakat terhadap bencana banjir dan tanah longsor sama pentingnya dengan membangun sarana fisik. Pengendalian dan penanggulangan banjir, membutuhkan peran aktif, bukan hanya Pemerintah dan stakeholder terkait,melainkan peran aktif semua pihak dan masyarakat, " Paparnya.

Lebih lanjut disampaikanya, kalau ada segelintir orang yang melakukan penebangan pohon secara liar, bukan hanya berdampak bagi lingkungan sekitar, melainkan akan berakibat fatal bagi wilayah lain juga.

" Dalam hal ini, Pemerintah Daerah OKU Selatan akan terus mengedukasi kepada seluruh masyarakat, tidak melakukan perambahan hutan sembarangan, dan penebangan pohon secara liar harus dihentikan, " tegasnya.

Pemerintah Daerah OKU Selatan, bersama dinas terkait dan Organisasi pencita alam dan Lingkungan yang ada di kabupaten OKU Selatan, akan berupaya melakukan Rehabilitasi hutan dan lahan. Guna memulihkan, serta mempertahankan, dan meningkatkan fungsi hutan dan lahan.

Sehingga, daya dukung produktivitas perananya dapat menjaga sistem penyangga kehidupan, yang akan mengurangi dampak dari bencana yang terjadi.

" Mari kita, sama-sama bersinergi dan berkomitment mencari langkah-langkah dalam melakukan penanggulangan bencana yang sering terjadi di OKU Selatan, " Pungkasnya.(**) Sumber : Diskominfo OKU Selatan

Baca Juga
Penulis: Red
Editor: Red

Dapatkan update informasi pilihan dan berita terbaru setiap hari dari Citranusamedia.com, Mari bergabung di Grup Telegram "CNM MEDIA", caranya klik link ini: GABUNG SEKARANG, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.