logo logo

Media Online Mengabarkan, Berimbang, Akurat dan Terpercaya

CITRA NUSA MEDIA

Holding Foundation - Jalan Jend. Ir. Soeharto Km 20 Desa Batu Raden, Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu

Call: +62 812-7196-1028

Call: +62 853-5705-3257

redaksi@citranusamedia.com
BERITA 27-07-2022 08:32:55

Pembentukan Tangguh Bencana Desa Banuayu Kecamatan BP Peliung OKU Timur

Desa/Kelurahan yang Tangguh Bencana adalah Desa/Kelurahan yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dalam menghadapi ancaman bencana

Image
* * *

Laporan Wartawan: Yusuf

OKU Timur, Matagara.id - Kecamatan Buay Pemuka Peliung (BP Peliung) Bersama BPBD Kabupaten OKU Timur kembali membentuk Desa/Kelurahan Tangguh Bencana (Destana) yang bertempat di kantor Desa Banuayu, Kecamatan BP Peliung. Rabu, (27/7/2022)

Turut hadir dalam acara ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) provinsi Sumsel SUTANTRI M.M.S.I, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD OKU Timur Dewa Made Suta, Tagana, Kepala Desa Banuayu Ahmadyani serta masyarakat Banuayu.

Seremoni pembukaan oleh Kabid BPBD dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi langkah BPBD Kabupaten/Kota yang berinisiatif membentuk Destana di Desa Banuayu serta menyampaikan tujuan pembentukan Destana dan peran Destana didalam Pemerintahan Desa.

Desa/Kelurahan yang Tangguh Bencana adalah Desa/Kelurahan yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dalam menghadapi ancaman bencana, serta dapat memulihkan diri/melenting balik dengan segera dari dampak bencana yang merugikan, sehingga daerah yang terkena dapat kembali bahkan lebih baik dari semula.

Beliau juga menambahkan, Desa/Kelurahan Tangguh Bencana harus memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus untuk meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana. Pungkasnya.

Baca Juga
Penulis: Yusuf
Editor: Yusuf

Dapatkan update informasi pilihan dan berita terbaru setiap hari dari Citranusamedia.com, Mari bergabung di Grup Telegram "CNM MEDIA", caranya klik link ini: GABUNG SEKARANG, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.