logo logo

Media Online Mengabarkan, Berimbang, Akurat dan Terpercaya

CITRA NUSA MEDIA

Holding Foundation - Jalan Jend. Ir. Soeharto Km 20 Desa Batu Raden, Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu

Call: +62 812-7196-1028

Call: +62 853-5705-3257

redaksi@citranusamedia.com
BERITA 20-10-2024 04:37:05

DPD JULEHA Lamsel Gelar Pelatihan Juru Sembelih Halal Berbasis Kompetensi

JULEHA juga akan menjadi leader dan mensyiarkan produk sembelihan halal.

Image
Pelatihan Juru Sembelih Halal Berbasis Kompetensi di Kantor BAZNAS Kabupaten Lampung Selatan. Sabtu, 19/10/2024.

Lamsel - DPD Juru Sembelih Halal (JULEHA) Kabupaten Lampung Selatan menggelar kegiatan Pelantikan DPD Juru Sembelih Halal (JULEHA) Kabupaten Lampung Selatan dan Pelatihan Juru Sembelih Halal Berbasis Kompetensi di Kantor BAZNAS Kabupaten Lampung Selatan. Sabtu, 19/10/2024.

Pasa kegiatan dihadiri oleh Pengurus DPW JULEHA Provinsi Lampung, Plt. Bupati Lampung Selatan yang diwakili oleh H. Anton Charmana staff ahli pemerintahan Hukum dan Politik, Kepala kemenag Kab. Lampung Selatan H. Ashari, SE,. M.Pd, Kadis peternakan dan kesehatan hewan kab. Lampung Selatan yang diwakili oleh Sekretaris dinas Ust Mugiono, S.Pt, Ketua PCNU Kab. Lampung Selatan H. Abdul Haris, M.Pd, H. Mudiono mewakili PD Muhammadiyah Kab. Lampung Selatan, ketua PD LDII Lampung Selatan H. Sugiono, Pengurus BAZNAS Kab. Lampung Selatan. Ketua DPD Juleha Lampung Selatan Ahmad Al-Akhran dalam sambutannya menyampaikan bahwa JULEHA sudah dinanti nantikan kehadirannya di Lampung Selatan, diharapkan JULEHA dapat berperan dalam membantu pemerintah mensyiarkan produk dan hasil sembelihan yang halal. Masih menurutnya JULEHA juga akan menjadi leader dan mensyiarkan produk sembelihan halal tuturnya disela sela wawancara dengan awak media.

Dalam sambutan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah JULEHA Provinsi Lampung mengatakan bahwa JULEHA pertama kali digagas oleh para Kyai dan umUlama dari Gresik. Organisasi JULEHA dibentuk sebagai mitra pemerintah dalam penegakan aturan dan syari’ah dan penjagaan dalam penanganan bahan makanan yang selalu terjaga kehalalannya dan thoyyib, sehingga makanan yang dikonsumsi menghasilkan makanan yang ASUH (Aman, Sehat, Utuh & Halal). Juru Sembeli Halal harus dilakukan pembinaan agar mulai dari penanganan hewan sampai pasca penyembelihan dan pengolahannya memenuhi syarat hukum Islam dan memenuhi poin SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia.

Setelah prosesi pelantikan selesai kegiatan tersebut dilanjutkan dengan Pelatihan Juru Sembelih Halal. Pelatihan tersebut diikuti sebanyak 90 orang yang berasal dari wilayah Kabupaten Lampung Selatan. Peserta yang mengikuti pelatihan diantaranya perwakilan dari KUA se-Kabupaten Lampung Selatan, pengusaha Ayam dan utusan desa.

Baca Juga
Penulis: EYB119
Editor: EYB119

Dapatkan update informasi pilihan dan berita terbaru setiap hari dari Citranusamedia.com, Mari bergabung di Grup Telegram "CNM MEDIA", caranya klik link ini: GABUNG SEKARANG, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.