logo logo

Media Online Mengabarkan, Berimbang, Akurat dan Terpercaya

CITRA NUSA MEDIA

Holding Foundation - Jalan Jend. Ir. Soeharto Km 20 Desa Batu Raden, Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu

Call: +62 812-7196-1028

Call: +62 853-5705-3257

redaksi@citranusamedia.com
BERITA 22-08-2023 17:19:21

Desa Rimba Terap dan Desa Sedang Menggelar RST, RDS

Mengapresiasi Desa Rimba Terap dan Desa Sedang Menggelar Rembuk Stanting, Rumah Desa Sehat

Image
Desa Rimba Terap dan Desa Sedang Menggelar RST, RDS

GERBANG46.BANYUASIN,-Desa Rimba Terap dan Desa Sedang di Kecamatan Suak Tapeh menggelar kegiatan Sosialisasi Rembuk Stunting(RST) juga Rumah Desa Sehat(RDS). Kegiatan di pusatkan kantor Desa Rimba Terab di Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin, pada Selasa(22/8/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan Dengan narasumber Ibu Katri Gentari didampingi Ibu Leni sebagai Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat(TAPM) Kabupaten Banyuasin.

Pada kesempatan itu,

Camat Suak Tapeh Bambang Setiadi, menyampaikan Rembuk Stunting merupakan satu rangkaian, menjadi amanat dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan angka Stunting.

”Ditekankan Pemerintah agar Pemerintah Desa memprioritaskan penggunaan Dana Desa (DD) untuk pencegahan dan penanganan Stunting.Sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 8 Tahun 2022 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa."ungkapnya

Sementara kepala Desa Rimba Terab.Abdul Hakim menyebut, bahwa program pencegahan dan penanganan Stunting merupakan termasuk juga salah-satu program yang digagas Bupati Banyuasin program Banyuasin Sehat.

”Mari kita bersama-sama mensukseskan, dukung program Bupati Askolani dan Wabup Slamet Sumosuntono menuju Banyuasin Sehat, masyarakat Rimba Terab dan desa Sedang agar terhindar dari masalah Stunting sejak umur 0-1000 hari,"katanya

Lanjut Kepala Desa (Kades) Rimba Terab Abdul Hakim dia menyampaikan, Rembuk Stunting merupakan kegiatan penting yang harus dilakukan untuk mengkonsolidasikan usulan-usulan kegiatan berdasarkan data hasil pemetaan lima paket layanan yang telah dikumpulkan oleh Kader Pembangunan Manusia (KPM).

”Rembuk Stunting yang dilakukan ini dengan melalui diskusi terarah untuk mendapatkan komitmen desa dan menyepakati kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan untuk memastikan yang akan dilakukan pada tahun berjalan maupun untuk dimasukkan dalam RKPDes tahun berikutnya, ” kata Kades Abdul hakim.

Ditambahkan oleh Kades Sedang Iwan Suparmadi, sedikit menjelaskan tentang Peraturan Presiden No.72 Tahun 2021 terkait percepatan penurunan Stunting.

”Kegiatan Rembuk Stunting ini adalah tahap persiapan untuk KPM (Kader Pembangunan Manusia) dan RDS Rumah Desa Sehat di Desa,” ucapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Suak Tapeh Bambang Setiadi SE MSI didampingi Kasi PPD Suhendra SSos MSI, Kades Rimba Terab Abdul Hakim, Kades Sedang H Iwan Suparmadi SKM, dan Pendamping Desa Suak Tapeh Muslimin SPdI. Serta semua Perangkat Desa,BPD, Kader Posyandu, Kader PKK, LPM, Kader KPM, Karang Taruna, Bidan Desa,

Baca Juga
Editor: Nasirudin Syach

Dapatkan update informasi pilihan dan berita terbaru setiap hari dari Citranusamedia.com, Mari bergabung di Grup Telegram "CNM MEDIA", caranya klik link ini: GABUNG SEKARANG, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.