logo logo

Media Online Mengabarkan, Berimbang, Akurat dan Terpercaya

CITRA NUSA MEDIA

Holding Foundation - Jalan Jend. Ir. Soeharto Km 20 Desa Batu Raden, Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu

Call: +62 812-7196-1028

Call: +62 853-5705-3257

redaksi@citranusamedia.com
BERITA 22-07-2023 14:15:11

Audiensi ke Kominfo, Efran Pastikan Keabsahan Pengurus IWO Sumsel

Aprisiasi Luar Biasa Audiensi ke Kominfo, Efran Pastikan Keabsahan Pengurus IWO Sumsel

Image
Audiensi ke Kominfo, Efran Pastikan Keabsahan Pengurus IWO Sumsel

GERBANG46.PALEMBANG,- Sumsel, Melanjutkan lawatannya ke sejumlah instansi, Pengurus Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumatera Selatan (Sumsel) periode 2022-2027 melakukan audiensi dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Sumsel.

Ketua IWO Sumsel beserta jajarannya, mengenalkan keberadaan IWO Sumsel sebagai salah satu organisasi wartawan, yang berfokus menaungi wartawan online di Sumsel.

“Organisasi profesi wartawan di Indonesia ini banyak. Satu diantaranya IWO, yang menaungi wartawan online di Indonesia, dan kami yang menjadi perwakilan organisasi wartawan online di Sumsel,” ujar Efran, Jumat (21 Juli 2023).

Gubernur Sumsel Hadir

Kali itu, Efran juga menjelaskan tentang keabsahan pengurus IWO Sumsel periode 2022-2027, yang sudah dilantik pada 4 Juli 2023 oleh Ketua Umum IWO, Jodhi Yudono, di Ruang Bina Praja Pemprov Sumsel, yang disaksikan Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru, MM.

Efran mengatakan, dirinya dan pengurus IWO se-Sumsel di periode 2022-2027 secara organisasi sudah sah dan berhak menjalankan program kerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) IWO, terutama untuk menjalin kerjasama dengan sejumlah instasi di Sumsel.

Menurut Efran, keabsahan pengurus IWO Sumsel ini penting dijelaskan, karena saat ini di tingkat pusat, PP IWO di Jakarta sedang terjadi dualisme pengurus. Namun Efran memastikan, hal itu tidak harus mengganggu hubungan baik antara IWO Sumsel dibawah kepemimpinanya, dengan instansi lainnya, termasuk dengan Kominfo Sumsel.

“Alhamdulillah kami ini resmi dan sah sudah dilantik pada 4 Juli di Ruang Bina Praja Pemprov Sumsel. Kami bersyukur, karena waktu itu Pak Gubernur Herman Deru berkenan hadir dan memberi sambutan. Jadi kalau ada pengurus IWO Sumsel yang datangnya bukan dari kami, hal itu perlu dipertanyakan, dan itu tidak sah, sebab kami yang dilantik dan disaksikan Pak Gubernur,” tegasnya.

Wartawan Beradab dan Berakhlak lebih lanjut, Efran menjelaskan, hal penting yang diperlukan ke depan dalam dunia wartawan, khususnya di Sumsel tentang pentingnya menjaga integritas moral wartawan.

IWO Sumsel, di bawah kepemimpinannya sekarang di Sumsel sangat ikut bertanggungjawab terhadap upaya maksimalisasi keadaban dan akhlak wartawan.

IWO Sumsel dalam periode ke depan, kami sedang fokus bagaimana menciptakan dan mengembalikan marwah wartawan. Kalau kami menyebutnya, wartawan harus beradab dan berakhlak. Sebab ini dua hal penting yang akan mewujudkan wartawan yang bermoral dan berintegritas,” jelas Efran.

Oleh karenanya, untuk merealisasikan hal itu, IWO memerlukan mitra kerja, terutama Kominfo Sumsel, sebagai instansi perpajangan Pemeirntah Provinsi Sumsel di bidang informasi, yang tugasnya terkait langsung dengan dunia wartawan, terutama untuk memberitakan kegiatan dan perkembangan pembangunan di Sumsel.

Kominfo Sumsel Sangat Apresiatif

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kominfo Sumsel, H. Achmad Rizwan, S. STP, MM, yang diwakili H. Imansyah, Kepala Bidang Pengelolaan Komunitas Publik Kominfo Sumsel menyambut baik atas kunjungan Pengurus IWO Sumsel.

Iman mengatakan, sebagai lembaga yang selalu bekerjasama dengan wartawan, baik secara kelembagaan dan personal, pihaknya selalu terbuka untuk menjalin kerjasama dengan semua lembaga, instansi termasuk lembaga wartawan, IWO Sumsel.

“Terima kasih atas kunjungan pengurus IWO Sumsel yang sudah hadir di kantor kami. Pada prinsipnya, kami selalu terbuka untuk kerjasama dengan kawan-kawan wartawan, apapun organisasinya, termasuk IWO Sumsel. Kami berharap, kerjasama ini bisa ikut mendorong informasi yang baik dan akurat demi kepentingan bersama, terutama yang berkaitan dengan pemberitaan tentang pemerintahan Sumsel,” ujarnya.

Dampak Medsos terhadap Masyarakat Kali itu, Imansyah akan segera menyampaikan hasil pertemuan itu kepada Kadin Kominfo Sumsel, yang saat itu sedang ada dinas luar, sehingga belum sempat hadir.

“Hasil pertemuan hari ini, nanti Hari Senin akan kami sampaikan kepada Bapak Kepala Dinas, dan kami minta penjelasan detil tentang IWO Sumsel dalam teks, sejak pemilihan sampai pelantikan, sehingga akan menjadi bahan kami untuk menyampaikan hal ini kepada Bapak Kadin,” ujar

Imansyah di akhir pembicaraannya.

Pada kunjungan itu, IWO Sumsel diterima jajaran Kominfo Sumsel. Selain Imansyah, hadir juga Yulistyagita Utami, S.I, Kom, M.I.Kom (Kasi PMKP), Dwi Karolita, S.Sos, MM (Kasi SDKP) dan Alfa Risi Arma, SE (Kasi LHMP).

Sementara dari Pengurus IWO Sumsel, selain Efran, hadir pada pertemuan itu, Imron Supriyadi, S. Ag, M. Hum (Plt. Sekretaris), Novianti Bendahara dan Yuli Afriani (Wakil Bendahara)

Pertemuan diakhiri dengan foto bersama, juga berbincang santai tentang wartawan, media sosial dan dampaknya ke masyarakat, juga legalitas media online di era digital. (Ril/IWO Sumsel)

Baca Juga
Penulis: Julia
Editor: Nasirudin Syach

Dapatkan update informasi pilihan dan berita terbaru setiap hari dari Citranusamedia.com, Mari bergabung di Grup Telegram "CNM MEDIA", caranya klik link ini: GABUNG SEKARANG, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.